BMW X5 Terima Penghargaan “autonis” 2007 untuk Desain Paling Menarik
Dalam ajang Frankfurt International Motor Show 2007 yang baru saja selesai berlangsung, BMW X5 terpilih menjadi pemenang kompetisi "autonis" – desain baru terbaik 2007 – untuk kategori mobil off-road. Versi baru BMW X5 yang diluncurkan di Jerman pada bulan Maret 2007 berhasil menjadi yang terbaik dibanding para kompetitor di kelasnya.
Hasil ini membuktikan bahwa Sports Activity Vehicle yang unik karya BMW ini bukan hanya mengesankan dari karakteristik pengendaraan, tapi juga dianggap oleh publik sebagai mobil yang luar biasa menarik dan bergaya.
Di dalam sebuah survei pembaca, majalah mobil "auto motor und sport" telah menetapkan mobil-mobil baru yang paling menarik dalam waktu dua belas bulan terakhir. Pemilihan dilakukan sepenuhnya berdasarkan kriteria visual saja, di mana para pembaca dapat menunjuk titik-titik plus dan minus untuk desain mobil yang mereka nilai. Tidak ada mobil lain dari segmen lain mana pun yang disebut begitu sering dan dinilai begitu positif seperti BMW X5.
Orang-orang yang ikut ambil bagian dalam survei ini juga memberikan nilai yang jelas-jelas tinggi untuk desain model BMW baru lainnya. BMW Seri 5 meraih tempat kedua dalam kategori kelas mewah. BMW Seri 1 dan BMW Seri 3 Convertible juga menjadi favorit para pembaca, dan berhasil merebut tempat ketiga pada kelas mobil kompak dan mobil convertible. Lebih lanjut, MINI yang baru memberikan kemenangan lebih jauh lagi bagi BMW Group, dan menjadi pemenang "autonis" untuk kategori mobil kecil.
Desain yang Sukses Tidak Dapat Dilihat Pada Pandangan PertamaTak perlu diragukan lagi, desain mobil BMW dan MINI menyolok dan selalu meninggalkan kesan positif. Hal ini jelas merupakan sasaran yang diinginkan oleh para desainer BMW Group untuk bisa dicapai dengan pekerjaan mereka. Mereka mendesain mobil yang tidak hanya menarik orang pada pandangan pertama saja, tapi juga mencapai efek visual yang mampu bertahan lama.
Chief designer BMW Adrian van Hooydonk menjelaskan, "Kami para desainer ingin agar memiliki sebuah BMW itu merupakan sebuah pengalaman, dan kami bercita-cita membangun hubungan yang semakin mendalam antara pemilik dan mobil mereka." Sebagai konsekuensinya, desain sebuah BMW selalu sama dengan substansi produk yang otentik, dan mampu membuat substansi ini menjadi jelas terlihat oleh konsumen.
Pada awalnya, ini mengundang perhatian orang yang melihat melalui sebuah tampilan estetik yang merefleksikan identitas merek premium BMW. Lebih dalam lagi, secara konsisten ini menyemburkan emosi yang menghasilkan sebuah desain mobil yang secara permanen melampaui harapan dan mengikat konsumen kepada produk dan merek tersebut. Dengan cara seperti ini, desain menjadi sebuah faktor sukses bagi seluruh perusahaan.
Basis pengembangan desain: Prinsip "Kecerdasan Kolektif"Desain suatu mobil dipandang sebagai sebuah kriteria yang sangat penting yang dapat meningkatkan kenikmatan mengemudi dan nilai jual kembali. Keunggulan BMW X5 dalam hal ini berkat sebuah strategi desain yang sifatnya fundamental yang digunakan di dalam desain semua mobil BMW Group. Sebagian dari strategi ini adalah suatu bentuk spesifik dari kerja sama yang dikenal di dalam departemen desain BMW Group sebagai "Kecerdasan Kolektif" atau "Collective Intelligence".
Sebagai contoh, selain kriteria pasar dan kriteria yang berkaitan dengan pasar, permintaan-permintaan yang diberikan oleh para spesialis di bidang aerodinamika, keselamatan, ergonomi atau kompatibilitas produksi semakin terpadu di dalam pengembangan desain. Oleh karena itu, setiap fase membutuhkan keterampilan bertingkat tinggi dari bidang yang berbeda.
Sebagai contoh, ketika seorang desainer memoles suatu konsep, maka selanjutnya ia akan bekerja sama dalam tim dengan seorang pembuat model yang akan memindahkan sketsa ke dalam sebuah model tiga dimensi berformat 1 banding 1 dari tanah liat, yaitu material bangunan industri.
Selain itu, seorang teknisi desain juga dilibatkan selama tahap pengembangan menyeluruh sampai dengan realisasi; ia adalah seorang yang mendalami konsep tadi dan mampu mempertahankan proses pengembangannya agar tetap selaras dengan persyaratan teknis produksi dalam putaran koordinasi yang tak terhitung jumlahnya. Ketiga orang spesialis ini akan membentuk inti dari sebuah tim desain yang sukses di dalam BMW Group.
Pada waktu memilih rekan kerja, BMW Group bukan hanya mengutamakan pengetahuan yang tinggi, tetapi juga pada kemampuan bekerja sama. Prinsip "Kecerdasan Kolektif" ini didasarkan pada kesediaan untuk berbagi pengetahuan supaya mampu sepenuhnya mengeksploitasi kumpulan kolektif yang memiliki informasi dan pengalaman spesifik sebagai sebuah komunitas kolektif.
Di Departemen Desain BMW Group, Kompetisi dan Teamwork Berjalan SeiringSecara bersamaan, kolega-kolega di BMW Group secara permanen dihadapkan pada persaingan atau kompetisi internal yang keras. Beberapa orang desainer mengerjakan desain suatu model tertentu bersama-sama dan secara konsisten. Perpaduan antara persaingan dan teamwork akan menghasilkan atmosfer kerja yang kreatif dan membuahkan hasil. Masing-masing anggota tim tahu bahwa pada akhirnya dirinya akan saling mengikat kepada rekan kerja lainnya.
Oleh karenanya, orang yang bersaing pun akan saling bertukar pikiran selama fase kompetitif itu. Kepala desain BMW Group, Christopher E. Bangle mempunyai cita-cita untuk bisa memotivasi rekan-rekan kerjanya melalui kekuatan suatu visi yang saling menguntungkan. "Kebebasan individu dan teamwork tidak akan membuat masing-masing saling bertentangan," ucapnya. "Kolega kami tidak bekerja demi kepentingan mereka sendiri, tetapi demi kepentingan pelanggan, mobil dan merek."
Dengan metode kerja kolaboratif yang jelas di departemen desian BMW Group, masing-masing keterampilan dari tiap-tiap rekan kerja dari berbagai bidang khusus yang berbeda-beda telah menghasilkan potensi kreatif yang besar sekali. Dengan demikian, keseluruhan akan tercipta, dengan cara yang lebih efektif dibanding dilakukan oleh masing-masing individu.
Kesuksesan prinsip ini jelas. Banyak penghargaan mendokumentasikan secara mengesankan kompetensi BMW yang luar biasa di dalam pengembangan mobil premium yang memenuhi standar tertinggi di bidang inovasi, dinamika dan daya tarik. Mobil BMW secara konsisten menerima banyak penghargaan untuk desain yang luar biasa, entah dari juri spesialis atau dari survei publik. Selain penghargaan red dot 2007 yang telah dikenal secara internasional untuk desain produk yang luar biasa, BMW Group juga mendapatkan hadiah untuk "Design Team of the Year". /PR
Hasil ini membuktikan bahwa Sports Activity Vehicle yang unik karya BMW ini bukan hanya mengesankan dari karakteristik pengendaraan, tapi juga dianggap oleh publik sebagai mobil yang luar biasa menarik dan bergaya.
Di dalam sebuah survei pembaca, majalah mobil "auto motor und sport" telah menetapkan mobil-mobil baru yang paling menarik dalam waktu dua belas bulan terakhir. Pemilihan dilakukan sepenuhnya berdasarkan kriteria visual saja, di mana para pembaca dapat menunjuk titik-titik plus dan minus untuk desain mobil yang mereka nilai. Tidak ada mobil lain dari segmen lain mana pun yang disebut begitu sering dan dinilai begitu positif seperti BMW X5.
Orang-orang yang ikut ambil bagian dalam survei ini juga memberikan nilai yang jelas-jelas tinggi untuk desain model BMW baru lainnya. BMW Seri 5 meraih tempat kedua dalam kategori kelas mewah. BMW Seri 1 dan BMW Seri 3 Convertible juga menjadi favorit para pembaca, dan berhasil merebut tempat ketiga pada kelas mobil kompak dan mobil convertible. Lebih lanjut, MINI yang baru memberikan kemenangan lebih jauh lagi bagi BMW Group, dan menjadi pemenang "autonis" untuk kategori mobil kecil.
Desain yang Sukses Tidak Dapat Dilihat Pada Pandangan PertamaTak perlu diragukan lagi, desain mobil BMW dan MINI menyolok dan selalu meninggalkan kesan positif. Hal ini jelas merupakan sasaran yang diinginkan oleh para desainer BMW Group untuk bisa dicapai dengan pekerjaan mereka. Mereka mendesain mobil yang tidak hanya menarik orang pada pandangan pertama saja, tapi juga mencapai efek visual yang mampu bertahan lama.
Chief designer BMW Adrian van Hooydonk menjelaskan, "Kami para desainer ingin agar memiliki sebuah BMW itu merupakan sebuah pengalaman, dan kami bercita-cita membangun hubungan yang semakin mendalam antara pemilik dan mobil mereka." Sebagai konsekuensinya, desain sebuah BMW selalu sama dengan substansi produk yang otentik, dan mampu membuat substansi ini menjadi jelas terlihat oleh konsumen.
Pada awalnya, ini mengundang perhatian orang yang melihat melalui sebuah tampilan estetik yang merefleksikan identitas merek premium BMW. Lebih dalam lagi, secara konsisten ini menyemburkan emosi yang menghasilkan sebuah desain mobil yang secara permanen melampaui harapan dan mengikat konsumen kepada produk dan merek tersebut. Dengan cara seperti ini, desain menjadi sebuah faktor sukses bagi seluruh perusahaan.
Basis pengembangan desain: Prinsip "Kecerdasan Kolektif"Desain suatu mobil dipandang sebagai sebuah kriteria yang sangat penting yang dapat meningkatkan kenikmatan mengemudi dan nilai jual kembali. Keunggulan BMW X5 dalam hal ini berkat sebuah strategi desain yang sifatnya fundamental yang digunakan di dalam desain semua mobil BMW Group. Sebagian dari strategi ini adalah suatu bentuk spesifik dari kerja sama yang dikenal di dalam departemen desain BMW Group sebagai "Kecerdasan Kolektif" atau "Collective Intelligence".
Sebagai contoh, selain kriteria pasar dan kriteria yang berkaitan dengan pasar, permintaan-permintaan yang diberikan oleh para spesialis di bidang aerodinamika, keselamatan, ergonomi atau kompatibilitas produksi semakin terpadu di dalam pengembangan desain. Oleh karena itu, setiap fase membutuhkan keterampilan bertingkat tinggi dari bidang yang berbeda.
Sebagai contoh, ketika seorang desainer memoles suatu konsep, maka selanjutnya ia akan bekerja sama dalam tim dengan seorang pembuat model yang akan memindahkan sketsa ke dalam sebuah model tiga dimensi berformat 1 banding 1 dari tanah liat, yaitu material bangunan industri.
Selain itu, seorang teknisi desain juga dilibatkan selama tahap pengembangan menyeluruh sampai dengan realisasi; ia adalah seorang yang mendalami konsep tadi dan mampu mempertahankan proses pengembangannya agar tetap selaras dengan persyaratan teknis produksi dalam putaran koordinasi yang tak terhitung jumlahnya. Ketiga orang spesialis ini akan membentuk inti dari sebuah tim desain yang sukses di dalam BMW Group.
Pada waktu memilih rekan kerja, BMW Group bukan hanya mengutamakan pengetahuan yang tinggi, tetapi juga pada kemampuan bekerja sama. Prinsip "Kecerdasan Kolektif" ini didasarkan pada kesediaan untuk berbagi pengetahuan supaya mampu sepenuhnya mengeksploitasi kumpulan kolektif yang memiliki informasi dan pengalaman spesifik sebagai sebuah komunitas kolektif.
Di Departemen Desain BMW Group, Kompetisi dan Teamwork Berjalan SeiringSecara bersamaan, kolega-kolega di BMW Group secara permanen dihadapkan pada persaingan atau kompetisi internal yang keras. Beberapa orang desainer mengerjakan desain suatu model tertentu bersama-sama dan secara konsisten. Perpaduan antara persaingan dan teamwork akan menghasilkan atmosfer kerja yang kreatif dan membuahkan hasil. Masing-masing anggota tim tahu bahwa pada akhirnya dirinya akan saling mengikat kepada rekan kerja lainnya.
Oleh karenanya, orang yang bersaing pun akan saling bertukar pikiran selama fase kompetitif itu. Kepala desain BMW Group, Christopher E. Bangle mempunyai cita-cita untuk bisa memotivasi rekan-rekan kerjanya melalui kekuatan suatu visi yang saling menguntungkan. "Kebebasan individu dan teamwork tidak akan membuat masing-masing saling bertentangan," ucapnya. "Kolega kami tidak bekerja demi kepentingan mereka sendiri, tetapi demi kepentingan pelanggan, mobil dan merek."
Dengan metode kerja kolaboratif yang jelas di departemen desian BMW Group, masing-masing keterampilan dari tiap-tiap rekan kerja dari berbagai bidang khusus yang berbeda-beda telah menghasilkan potensi kreatif yang besar sekali. Dengan demikian, keseluruhan akan tercipta, dengan cara yang lebih efektif dibanding dilakukan oleh masing-masing individu.
Kesuksesan prinsip ini jelas. Banyak penghargaan mendokumentasikan secara mengesankan kompetensi BMW yang luar biasa di dalam pengembangan mobil premium yang memenuhi standar tertinggi di bidang inovasi, dinamika dan daya tarik. Mobil BMW secara konsisten menerima banyak penghargaan untuk desain yang luar biasa, entah dari juri spesialis atau dari survei publik. Selain penghargaan red dot 2007 yang telah dikenal secara internasional untuk desain produk yang luar biasa, BMW Group juga mendapatkan hadiah untuk "Design Team of the Year". /PR
Post a Comment for "BMW X5 Terima Penghargaan “autonis” 2007 untuk Desain Paling Menarik"